SMA Santo Paulus Pontianak

Sekali Santo Paulus Tetap Santo Paulus

Marcell Jonathan (11 MIPA C): Penerima Beasiswa Penuh Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program 2021/2022

Tepilih Menjadi Salah Satu Dari 80 Siswa Yang Lolos Pertukaran Pelajar Dan Satu-Satunya Yang Berasal Dari Kalbar, Marcell Jonathan Membanggakan SMA Santo Paulus Pontianak

Selamat untuk Marcell Jonathan (11 MIPA C) SMA Santo Paulus Pontianak atas keberhasilannya menjadi penerima beasiswa penuh untuk pertukaran pelajar ke USA thn 2021/2022 yg diselenggarakan oleh Kennedy Lugar Youth Exchange and Study Program (YES) bekerjasama dengan Bina Antarbudaya di Indonesia.

Marcell Jonathan (11 MIPA C)

Beasiswa Program YES merupakan beasiswa penuh yang diberikan oleh Pemerintah USA kepada siswa siswi sekolah menengah usia 16 dan 17 tahun di seluruh dunia untuk mendapatkan pengalaman tinggal bersama keluarga di USA untuk belajar budaya dan bersekolah di sekolah di USA. Di Indonesia, program ini dilaksanakan seleksinya oleh Bina Antarbudaya yang memiliki cabang/chapter di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Pontianak.

Seleksi program pertukaran ini biasanya dimulai bulan Maret/April setiap tahun. Tetapi dikarenakan pandemi tahun 2020, seleksi dimulai bulan September 2020 untuk keberangkatan tahun 2021. Seleksi tingkat propinsi dilakukan di Pontianak dilaksanakan oleh Bina Antarbudaya chapter Pontianak. Seleksi tersebut memiliki tiga tahap, yaitu seleksi administrasi dengan mengirimkan formulir online dan esai online, seleksi wawancara bahasa Indonesia dan Inggris, dan dinamika kelompok. Dari hasil seleksi region ini, terpilih beberapa siswa untuk seleksi ke tingkat nasional yang diadakan oleh Bina Antarbudaya nasional. Seleksi ini, yang dilakukan sekitar Januari 2021, tahapannya berupa wawancara dan dinamika kelompok, yang dilaksanakan secara online karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk wawancara tatap muka. Selama masa seleksi, peserta juga harus melengkapi tes kesehatan dan vaksin kesehatan yang menjadi persyaratan untuk program pertukaran pelajar. Hasil seleksi nasional ini kemudian diteruskan ke tingkat internasional untuk ditinjau kembali dan dipilih 80 orang untuk menerima beasiswa penuh belajar di USA.

Akhirnya pada tanggal 19 April 2021, MArcell Jonathan dinyatakan sebagai salah satu peserta yang lolos sebagai penerima beasiswa penuh pertukaran pelajar ke USA tahun 2021/2022. Marcell akhirnya bisa mendapatkan kesempatan seperti kakak kelasnya dulu yaitu Calista Eleanor Randu Samagat (2017/2018) yang mendapat hosting di Michigan dan Juan Liman (2020/2021) yang program exchange virtual karena pandemi. Semoga pandemi mereda dan Marcell bisa mewujudkan impiannya untuk bersekolah di USA.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *